Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Bahaya Kurang Tidur




Kesibukan kerap membuat orang lupa akan kesehatan dirinya, termasuk untuk sekedar beristirahat saja. Khususnya diperkotaan, banyak orang yang tidur larut malam dan harus bangun pagi buta. Juga pada musim piala dunia, banyak orang yang rela begadang demi menonton klub bola kesayangan mereka. Akibatnya kalau sering kena angin malam segala penyakit akan mudah datang.
            Sebuah riset terbaru menunjukkan, kurangnya waktu beristirahat pada malam hari dapat memicu risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian para ahli dari Warwick Medical School yang dipublikasikan dalam European Heart Journal menyatakan, tidur kurang dari enam jam setiap malam dapat meningkatkan risiko kematian akibat stroke hingga 15 % dan risiko kematian akibat serangan jantung melonjak hingga 50 %.
Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, pada saat tubuh kurang tidur maka salah satu hormon yaitu hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat. Ketika hormon kortisol meningkat atau tinggi akan mengakibatkan detak jantung yang semakin cepat sehingga bisa memperbesar resiko terkena stroke bahkan jantung. Juga hormon stress yang meningkat pada orang yang memiliki kesulitan tidur juga bisa meningkatkan resiko diabetes tipe 2.
Apabila tubuh kurang tidur biasanya akan membuat seseorang menjadi kesulitan untuk berkonsentrasi atau fokus bahkan sering lupa. Namun efek dalam jangka panjang, efek kurang tidur akan semakin besar dan mengganggu kemampuan kognitif.penelitian yang dilakukan di university of oxford juga memberitahukan bahwa orang yang kurang tidur memiliki otak yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan tidurnya orang yang normal.


Posting Komentar

0 Komentar