Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Menjaga Kesehatan Mata



Mata merupakan salah satu dari panca indera kita. Betapa pentingnya kita menjaga kebersihan dan kesehatan mata. Menurut World Health Organization (WHO) memperkirakan ada 45 juta penderits kebutaan di planet bumi dan ternyata sepertiganya berada di wilayah Asia Tenggara. Di indonesia diperkirakan ada satu orang menjadi buta tiap menitnya dan didunia diperkirakan 12 orang menjadi buta setiap menit.
Penggunaan cahaya yang cukup. Hindarilah bekerja dengan pencahayaan yang minim ataupun dengan cahaya yang terlalu terang karena dapat menyebabkan kelelahan mata. Penggunaan cahaya yang baik jika bekerja menggunakan komputer adalah cahaya dari arah samping dengan lampu meja bercahaya yang cukup. Kurangi tingkat cahaya dimonitor. Warnanya memang menjadi tak terlalu tajam, tapi akan membuat mata menjadi lebih nyaman.
Sama halnya seperti tubuh kita, mata juga membutuhkan istirahat yang cukup. Yaitu dengan menahan diri untuk menonton televisi terlalu lama atau berjam-jam didepan komputer padahal tidak sedang bekerja. Dengan begitu mata tidak akan kelelahan serta mendapatkan istirahat yang cukup. Dan juga mengatur jarak membaca dengan jarak ideal antara objek dan mata sekitar 30cm.
Merokok dan meminum minuman keras, dua kebiasaan ini akan sangat berbahaya sekali karena dalam banyak study dan penelitian mengatakan bahwa merokok dapat memberikan potensi yang sangat besar untuk mengalami berbagai gangguan dan penyakit mata. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari karena sinar matahari juga dapat merusak kesehatan mata. Tipsnya adalah dengan menggunakan kaca mata agar dapat melindungi mata.

Posting Komentar

0 Komentar