Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Manfaat jalan kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga yang paling hemat dan murah dan bisa di lakukan di mana saja serta mempunyai manfaat yang banyak kali, agar olahraga berjalan kaki lebih menyenangkan sebaiknya di lakukan bersamA orang tua, saudara, teman, sahabat, bahkan juga bisa bersama pacar, masih banyak manfaat lainnya yang akan kita dapatkan dari olahraga berjalan kaki di pagi hari. Di balik caranya yang mudah dan biaya yang ringan, jalan kaki berperan penting dalam menjaga kesehatan organ-organ vital kita sehingga kita menjadi pribadi yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Di bawah ini ada beberapa manfaat dari olah raga berjalan kaki di pagi hari bagi kesehatan, yaitu :

1. Mencegah Osteoporosis
Dengan berjalan kaki di pagi hari mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dalam tubuh kita. Karena untuk menjaga kesehatan tulang tidak hanya dibutuhkan kalsium dan vitamin D saja, tetapi juga gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya 10.000 langkah setiap hari dan terkena sinar matahari pagi sekitar 15 menit sehari. Jika kita lakukan ini secara rutin dan kontinyu, maka tulang kita akan lebih lama bertahan dari ancaman osteoporosis.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan
Berat badan yang berlebihan bisa jadi adalah momok bagi sebagian besar orang, karena selain mengurangi penampilan seseorang, berat badan yang berlebihan juga sangat berpotensi terjangkit penyakit-penyakit mematikan seperti kolesterol dan jantung. Bagi kita yang memiliki masalah dengan obesitas, olahraga dengan berjalan kaki di pagi hari adalah solusi terbaik. Ya, berjalan kaki di pagi hari secara rutin dan kontinyu dapat membakar kalori dalam tubuh kita karena semua otot tubuh bergerak. Pembakaran kalori tersebut akan lebih efektif lagi jika kita berjalan dengan cepat. Jadi mulailah bangun pagi dan jalan kaki secara rutin dan kontinyu.

3. Mencegah Serangan Jantung
Serangan jantung adalah salah satu donatur terbesar penyebab kematian manusia. Jika jantung berhenti maka kehidupan orang tersebut akan berhenti pula. Begitu berbahayanya penyakit jantung membuat sebagian orang rela melakukan apa saja untuk mengobatinya. Nah, bagi kita yang ingin memiliki jantung sehat maka berjalan kakilah setiap pagi secara rutin dan kontinyu. Berjalan kaki secara cepat mampu mencegah penyakit jantung yang sangat mematikan tersebut. Berjalan kaki secara cepat akan memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung, dan ini sangat baik bagi kinerja jantung karena otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Dengan kondisi seperti ini maka oksigen yang dibutuhkan jantung akan tercukupi dan menjaga jantung tetap bekerja secara normal. Sehingga serangan jantung dapat kita hindari.

4. Membuat Kita lebih berenergi
Jalan cepat adalah salah satu penghasil energi alami terbaik. Hal ini karena akan meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan suplai oksigen ke setiap sel dalam tubuh Kita –  membantu kita merasa lebih waspada dan hidup. Berjalan akan menghilangkan sendi yang terasa kaku dan meredakan ketegangan otot sehingga membuat kita merasa lebih cepat.

5. Membuat Orang bahagia
Manfaat olahraga untuk meningkatkan suasana hati sudah tak terbantahkan lagi. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas sedang (seperti jalan cepat) secara teratur adalah seefektif dengan antidepresan dalam kasus depresi ringan sampai sedang. Hal ini karena olahraga sedang seperti berjalan kaki akan membuat tubuh melepaskan hormon endorfin(hormon bahagia) ke dalam aliran darah, sehingga mengurangi stres dan kecemasan. Dan sering kali mengikuti kegiatan sosial – bergabung dengan kelompok berjalan kaki atau bertemu teman-teman saat berjalan dan mengobrol adalah cara yang bagus untuk membuang perasaan terkungkung dan kesepian. Sebuah survei yang dilakukan oleh badan amal Mind  menemukan bahwa 83% orang dengan masalah kesehatan mental, latihan diketahui membantu mengangkat suasana hati mereka. Jika Anda ingin memperoleh manfaat terbesar berjalan kaki bagi kesehatan, berjalanlah diluar ruangan atau suatu tempat yang menghadirkan pemandangan hijau dan luas.

Posting Komentar

2 Komentar