Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Demam



Bagaimana demam dapat terjadi…?
            Secara fisiologi demam merupakan suatu manifestasi dari respon tubuh terhadap berbagai inflamasi atau peradangan. Reaksi tersebut merupakan suatu proses yang sangat rumit dan luar biasa. Bagiman tubuh memberikan suatu respon sehingga timbullah suatu reaksi demam. Berbagi mekanisme dilakkukan tubuh untuk hal itu diantarnya:
1.      Marginasi
Marginasi adalah suatu proses perlekatan yang dilakukan oleh sel leukosit terutama sel PMN (Poli Morfo Nukleat) yaitu neutrophil. Proses ini terjadi antara PMN dengan sel endotel pembuluh darah. Dengan demikian  melalui proses ini akan memudahkan terjadinya migrasi leukosit ke jaringan intertisial.
2.      Diapedesis
Diapedesis adalah proses keluarnya atau migrasinya sel leukosit dari pemuluh darh ke jaringan itertisial untuk memberikan perlawanan terhadap agen infeksius. Dalam hal ini peran dari integri dan selektin sangatlah dibutuhkan. Dimana integrin dan selektin akan berperan dalam pengikatan antarn sel endotel dengan sel leukosit. Sehingga memungkinkan keluarnya sel leukosit tersebut dari pembuluh darah.
3.      Kemotaksis
Kemotaksis adalah suatu proses pemanggilan atau pemberian sinyal-sinyal yang di berikan agen infeksius kepada sel leukosit baik itu berupa TNF dan lain-lain. Sehingga dengan sinyal tersebut leukosit dapat mengetahui keberadaan agen infeksius.
4.      Fagositosis
Fagositosis adalah suatu mekanisme yang dilakukan oleh sel-sel makrofag untuk menelan dan menghancurkan agen infeksius terebut. Sehingga dengan adanya perlawanan yang dilakukan tubuh dapat memberikan perlawana terhadap agen infeksius tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar