Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan leukosit?......


Leukosit ( sel darah putih SDP) adalah suatu unit yang dapat bergerak pada sostem pertahanan tubuh. Leukosit membentuk sistem imunitas tubuh. Yang fungsinya yakni :
1.mempertahankan tubuh dari invasi mikroorganisme penyebab oenyakit baik bakteri maupun virus
2.sebagai "petugas kebersihan" yang membersihkan sel sel tua misalnya sel sel darah merah yang sudah tua dan sisa jaringan yang rusak.
3.mengidentifikasi dan menghancurkan sel kanker yang timbul di tubuh


     Penyebab utama mengapa sel sel darah putih berada di dalam darah adalah agar cepat diangkut dari tempat produksi atau penyimpanannya ketempat mereka dibutuhkan. Biasanya dia bergerak seperti amoeba untuk menggeliat masuk ke pori kapiler yang sempit dan merangkak kearea yang dituju.
Leukosit dalam darah terbagi atas neutrofil, eosinofil, basofil, monosit, dan limfosit.

Neutrofil merupakan dokter spesialis fagositik, sel ini dapat menelan dan menghancurkan bakteri secara intraseluler . Dan dapat berindak sebagai "bom bunuh diri"
Eosinofil meruapakan dokter spesialis lain.  Eosinofil tidak dapat menelan parasit cacing melainkan sel ini melekat kecacing dan mengeluarkan bahan bahan yang mematikannya.
Basofil mirip dengan sel mast yang tidak pernah beredar dalam darah, tetapi dalam jaringan ikat.  Basofil dan sel mast berfungsi mensintesis dan menyimpan histamin dan heparin, fungsi heparin yakni membersihkan partikel lemak dari darah setelah kita makan makanan yang mengandung lemak dan sebagai pencegah pembekuan darah.

Monosit berkembang menjadi spesialis fagosit yang profesional. Yang akan berkembang menjadi makrofag, yang usianya dapat mencapai bulanan bahkan tahun. Sebuah sel fagosit hanya dapat  menelan benda asing dalam jumlah terbatas.
Limfosit terbagi atas limfosit T dan B . Limfosit B untuk menghasilkan antibodi sedangkan T berfungsi menghancurkan sel sasaran .



Nilai normal leukosit berkisar 7.000/mm3

Posting Komentar

0 Komentar